Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan

[pgp_title]APAR (Alat Pemadam Api Ringan) perlu dirawat sehingga terjamin ketersediaannya saat dibutuhkan. Sebab apabila APAR yang kita siapkan di rumah atau di kantor ternyata dalam kondisi yang tidak prima!maka  APAR tidak htidak dapat digunakan dengan  maksimal atau juga kehilangan fungsinya sebgai alat pemadam api.

 

Berikut cara untuk merawat Alat Pemadam Api Ringan:

  1.  APAR di tempatkan pada tempat yang mudah terlihat dan diambil. Pastikan lokasi Alat Pemadam Api Ringan tidak trekena sinar matahari langsung dan tidak terkena hujan. Bila APAR diletakan pada luar ruangan, gunakan kotak atau box khusus untuk tabung pemadam api yang terbuat dari bahan yang cukup kuat agar tidak mudah rusak. Jangan letakan APAR ditempat yang lembab.

 

  1. Lakukan perawatan secara berkala seperti membersihkan tabung Alat Pemadam Api Ringan dari debu atau kotoran. Dan pastikan selalu melihat tekanan APAR harus diposisi yang benar.

 

  1. Untuk Alat Pemadam Api Ringan dengan jenis serbuk (powder) maka ada perawatan khusus dengan cara mengocoknya minimal 3 kali sehingga komponen yang ada didalamnya tidak mengeras. Cara mengocoknya dapat dengan membolak-balikkan tabung APAR. Pastikan Anda tidak menekan tuas trigger APAR tanpa sengaja.

 

  1. Pastikan kondisi tabung Alat Pemadam Api Ringan tidak berkarat. Karena karat dapat menyebabkan kerusakan atau kebocoran tabung Alat Pemadam Api Ringan. Periksa kebocoran isi tabung APAR dengan melihat jarum indikator tekanan pada leher atas tabung. Jika terjadi penurunan tekanan, kemungkinan besar terjadi kebocoran.

 

  1. Selalu Periksa komponen fisik dari Alat Pemadam Api Ringan seperti selang semprot, nozzle, dan tuas trigger. Pastikan agar tidak ada retakan atau kerusakan pada selang semprot. Pastikan nozzle dalam kondisi baik, tidak retak dan tidak tersumbat kotoran. Pastikan tuas trigger dalam kondisi baik dan tidak berkarat dan patah.
  1. Selalu cek kondisi fisik pin pengunci tuas triggerPastikan dalam kondisi yang baik dan terpasang dengan sempurna. Tuas ini berfungsi untuk mencegah tertekannya tuas trigger tanpa sengaja.

 

  1. Periksa selalu masa Alat Pemadam Api Ringan dan pastikan Alat Pemadam Api Ringan dalam masa berlakunya. Jika sudah mendekati seminggu sebelum tanggal kadaluwarsa, sebaiknya segera lakukan pengisian ulang. Pengisian ulang biasanya sudah ada dan ditentukan oleh masing-masing produsen Alat Pemadam Api Ringan tersebut. Bacalah petunjuk yang tertera pada label yang ditempel pada tabung Alat Pemadam Api Ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares